Yana Mulyana: Semangat Tahun Baru Imlek Miliki Kesamaan Nilai Positif dengan Kota Bandung

oleh

Bandung, BewaraJabar — Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan semangat tahun baru Imlek 2573 Kongzili memiliki kesamaan dengan nilai-nilai positif Kota Bandung.

Yana menyampaikan itu pada acara silaturahmi dengan umat Buddha dan Khong Hu Chu di Kota Bandung. Silaturahmi ini merupakan bagian dari perayaan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili.

“Semangat dari Tahun Baru Imlek memiliki kesamaan yang sama dengan adat kebiasaan semua etnis yang ada di Kota Bandung. Substansinya adalah menata kehidupan bersendikan keimanan dan budi pekerti yang baik,” ujar Yana dalam sambutannya di Balai Kota, Rabu 2 Februari 2022.

Lebih lanjut, Yana menyebut masyarakat Kota Bandung tidak dilihat dari suku, ras dan agamanya, melainkan dari kontribusi yang dimiliki untuk menjadikan Kota Bandung sebagai rumah bagi semua.

Sementara itu, Perwakilan Majelis Agama Khong Hu Chu Indonesia (MAKIN) Kota Bandung, Fam Kiun Fat mengapresiasi dan merasa bangga dapat bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota Bandung.

“Terima kasih, Pak Wali! Kita bangga dan merasa diterima oleh masyarakat kota Bandung, terutama saat merayakan Tahun Baru Imlek,” ucapnya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk sama-sama membangun Kota Bandung, utamanya dalam menangani pandemi Covid-19 yang masih menjadi tantangan bersama di tahun 2022.

Hal senada juga disampaikan Kepala Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung H. Ahmad Suherman. Ia mengaku bahagia Tahun Baru Imlek bersama Pemkot Bandung dirayakan di tanggal yang cantik.

“Betul. Dirayakannya tanggal 2, bulan 2, tahun 2022. Semoga tahun macan air di 2573 Kongzili memberi kita kekuatan, kesehatan, berkah yang melimpah, serta cita-cita kita tercapai,” ucapnya.

Sebagai informasi, silaturahmi ini dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Ade Supriadi, Kementerian Agama Kota Bandung, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Majelis Agama Khong Hu Chu Indonesia (MAKIN) Kota Bandung, Masyarakat Tionghoa Peduli, serta perwakilan dari Vihara Tanda Bhakti dan Vihara Tao Sinar Mulya.

Dalam acara ini, diserahkan pula Pohon Imlek dan dodol sebagai kuliner khas Imlek sebagai simbol optimisme dan kerukunan antar umat beragama.

Akhirnya, selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili!