Belum Terbiasa Bangun Subuh? Simak Keutamaan Bangun Subuh Dalam Islam

oleh
Belum Terbiasa Bangun Subuh Simak Keutamaan Bangun Subuh Dalam Islam
Ilustrasi malas bangun tidur. /Pixabay/Andrea Piacquadio

Bewarajabar.com – Masih orang yang belum terbiasa bangun subuh karena berbagai alasan. Padahal banyak sekali keutamaan di dalamnya.

Lantas apa saja keutamaan bangun subuh dalam Islam?

Bangun sebelum subuh adalah kegiatan yang dianjurkan dalam Islam, dan berikut keutamaan bangun subuh, yaitu:

1. Malaikat mendoakan Orang di saat Subuh

Rasulullah bersabda. “Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa; “Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa; “Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).” (Mutafaqun’alaih)

2. Bangun subuh kemudian Shalat akan membuat kamu bersemangat dan bergembira

Rasulullah bersabda. “Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah1″ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan menjadi bersemangat, jika tidak melakukannya, maka dia tidak ceria dan menjadi malas.”

3. Waktu Dibukanya Pintu Rezeki

Ketika Rasulullah pulang dari shalat subuh dari Masjid Nabawi dan mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Maka beliau bersabda: ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari. ” (H.R. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi)