Antisipasi Curah Hujan yang Tinggi Personil Siaga SAR Brimob Polda Jabar Lakukan Pengecekan Debit Air di Pintu Air sekunder

oleh

Cirebon, bewarajabar.com. – Personil Siaga SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar berperan aktif dalam penanggulangan bencana banjir dan longsor. Hal ini dibuktikan dengan kesiapan anggotanya untuk selalu melakukan pemeriksaan debit air di beberapa titik aliran sungai yang rawan meluap.

Pemeriksaan debit air dilaksanakan oleh Bharada Gayan Anggara anggota Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar ketika terjadi hujan lebat di wilayah sekitar makonya. Pengecekan tidak hanya dilakukan terhadap sungai besar, anak sungai juga tak luput dari kegiatan ini.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mengatakan “peninjauan debit air sungai dilaksanakan jajaran sebagai upaya antisipasi siaga bencana. Berdasarkan hasil pemeriksaan usai hujan lebat, debit air dari hulu perbatasan Kuningan Cirebon, hingga aliran sungai di Kecamatan Talun Cirebon masih terpantau kondusif”.

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam mengantisipasi Bencana ″, ujarnya Kombes Pol. Asep Saepudin.

Kepada masyarakat yang berdomisili dekat dengan aliran sungai  rawan banjir diimbau untuk cepat memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika terjadi lonjakan debit air. Hal ini sangat berguna bagi proses penanggulangan dan evakuasi dini jika terjadi bencana.