Brimob Jabar Patroli Siaga SAR Cek Rutin Ke Titik Rawan Banjir Di Kabupaten Cirebon

oleh

Cirebon, bewarajabar.com – BMKG telah mengeluarkan statement bahwa akan terjadi perubahan cuaca secara signifikan, di wilayah Indonesia yang dapat menimbulkan hujan lebat hingga angin kencang, serta menghimbau kepada warga agar selalu berhati hati saat ini khususnya yang tinggal di Pulau Jawa dan Kalimantan, Rabu, 15/12/2021.

Memasuki Bulan Desember memasuki masa penghujan ini dan angin yang sangat kencang banyak sekali kejadian-kejadian bencana alam yang tejadi dari banjir, longsor hingga pohon tumbang di wilayah Cirebon sendiri sangat sering terjadi pada pekan ini . Cuaca pada pekan ini memang terbilang sangat ekstrim dan sering terjadi hujan beserta angin yang kencang .

Anggota team SAR Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar melaksanakan patroli rutin ke tempat tempat yang rawan terjadi bencana banjir dan longsor, seperti di Wilayah Kecamatan Talun yang pada hari Minggu kemaren telah terjadi luapan air yang cukup besar sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

Dari hasil patroli ke wilayah Kecamatan Talun Desa Cirebon Girang bahwa ditemukan banyak sampah dan juga puing puing bangunan yang dapat menyebabkan terjadinya banjir, selain itu juga telah terjadi abrasi tanah di pinggiran sungai yang membuat permukaan sungai menjadi dangkal.

Di himbau kepada masyarakat sekitar wilayah tersebut, agar tidak mendekati tempat tersebut dan membuang sampah di sekitar pinggiran sungai karena dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Dansat Brimob polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., pun mengatakan kepada anggota Brimob Batalyon C pelopor, “untuk tempat tersebut agar di laksanakan patroli secara rutin karena musim penghujan yang belum selesai ini, sering terjadi hujan yang sangat deras dan ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan bilamana terjadi bencana alam akan cepat menangani nya, ” ujarnya kepada Danki 2 Batalyon C Pelopor.**