Disbudparpora Gandeng bank bjb di Jelajah Garnizoen Tjimahi, Dukung Optimalisasi QRIS di Sektor Pariwisata

oleh

Cimahi, Bewarajabar – Kota Cimahi adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata heritage dengan nilai sejarah kemiliteran yang tinggi. Dengan potensi yang dimiliki, Kota Cimahi dapat dijadikan menjadi tujuan wisata tematik di Jabar.

Sejalan dengan kondisi tersebut, Disbudparpora Kota Cimahi bekerja sama dengan bank bjb melaksanakan kegiatan Jelajah Garnizoen Tjimahi. Melalui kegiatan ini, diharapkan pemanfaatan produk, jasa dan layanan perbankan, khususnya dalam hal optimalisasi QRIS bank bjb dapat digunakan pada sektor Pariwisata, Hotel, dan Restoran di Kota Cimahi agar tercapainya cashless society yang sejalan dengan program pemerintah, melalui QRIS bank bjb diharapkan dapat mempermudah transaksi dan percepatan digitalisasi khususnya di sektor Pariwisata, Hotel dan Restoran yang berada di Kota Cimahi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Desember 2021 yang diikuti oleh pengusaha jasa pariwisata yang tergabung dalam BPC PHRI Kota Cimahi sebanyak 80 orang. Acara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Disbudparpora Kota Cimahi Budi Raharja, Kepala Dinas Bapenda Kota Cimahi Achmad Saefuloh, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Budi Hermawan, Pemimpin bank bjb Cabang Cimahi Ayi Subarna.

Selain itu juga, melalui acara ini bertujuan untuk memberikan kesamaan pemahaman atau komitmen bersama tentang pentingnya sinergitas dalam pengembangan destinasi pariwisata. Selain itu, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat ekonomi dari kegiatan pariwisata di Kota Cimahi.

Dalam kegiatan ini dibahas pula pelaksanaan semangat Cimahi Incorporated dengan menerapkan konsep Pentahelix ABCGM, kependekan dari Academician, Business, Community, Government, dan Media.

Pemanfaatan QRIS DigiCash bank bjb

bank bjb sebagai bank pembangunan daerah memiliki komitmen mengembangkan perekonomian daerah, salah satunya dengan memperkenalkan teknologi teknologi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi.

Penerapan teknologi QRIS sebagai salah satu medium transaksi merupakan sebuah keniscayaan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan.

Sebagai alat transaksi yang terintegrasi secara nasional, QRIS menawarkan pengalaman bertransaksi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengguna.

bank bjb sendiri telah mengadopsi layanan QRIS yang hingga saat ini terus dikembangkan agar bisa dimanfaatkan secara lebih optimal. Layanan QRIS bank bjb merupakan transaksi pembayaran pada merchant dengan mekanisme pembayaran menggunakan QR Code serta menggunakan sumber dana uang elektronik berbasis server.

bank bjb juga terus mengembangkan DigiCash yaitu aplikasi uang elektronik berbasis server milik perseroan yang dipersembahkan bagi nasabah.

DigiCash merupakan layanan yang dapat digunakan oleh nasabah maupun non nasabah bank bjb dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application dengan fungsi multiguna.

Perangkat bayar digital ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti isi ulang saldo, pengecekan saldo, transfer ke sesama pengguna dan ke rekening bank bjb, pembayaran PBB dan e-samsat jabar, pembelanjaan di merchant dengan menggunakan layanan QRIS, serta fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening bank bjb.