Jelang Laga Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2020, Tim Garuda Siap Amankan Tiket Semifinal

oleh

Bewarajabar.com — Pada matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020 Tim Garuda dan Tim Harimau Malaya sama-sama memiliki keingginan besar untuk mengamankan tiket kesemifinal dan menang dilaga tersebut.

Di laga tersebut Timnas Indonesia di untungkan karena klasmen di Grup B posisi Tim Garuda ada di peringkat ke-1,dan Malaysia berada di peringkat ke-3 dibawah Vietnam.

Dilansir kompas.com pertandingan yang sangat menentukan untuk Timnas Indonesia dan Malaysia pada matchday terakhir Grup B untuk mengunci satu tiket semifinal.

Laga timnas Indonesia vs Malaysia itu dijadwalkan berlangsung di Singapore National Stadium pada Minggu (19/12/2021) dengan kickoff pukul 19.30 WIB.

Duel penentuan antara timnas Indonesia dan Malaysia akan digelar secara bersamaan dengan laga Vietnam vs Kamboja di Bishan Stadium.

Pertandingan pada matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020 ini akan menjadi saat-saat yang paling menentukan, terutama bagi Indonesia dan Malaysia.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong yang berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi tujuh poin, membutuhkan minimal hasil imbang untuk melanjutkan perjuangan ke semifinal Piala AFF 2020.

Saat ini, skuad Garuda unggul selisih gol atas Vietnam yang juga telah mengantongi tujuh poin dan membayangi di peringkat kedua.

Vietnam berpotensi memetik kemenangan dan mengamankan tiket semifinal pada laga kontra Kamboja.

Sementara itu, timnas Malaysia berada dalam situasi yang lebih rumit. Mereka wajib mengalahkan Indonesia untuk lolos ke semifinal tanpa harus bergantung pada hasil laga lain.

Apabila hanya bermain imbang, Malaysia akan menggantungkan nasib kepada laga Vietnam vs Kamboja.

Menjelang laga, timnas Indonesia dan Malaysia sama-sama menunjukkan ambisi besar untuk meraih tiket semifinal Piala AFF 2020.

Ambisi timnas Indonesia tampak dari pernyataan salah satu pemain, yakni Ricky Kambuaya, seusai menjalani sesi latihan pada Kamis (16/12/2021).

Ricky Kambuaya mengatakan bahwa timnas Indonesia akan berjuang meraih hasil positif dan lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

“Kondisi tim sangat baik dan semakin kompak. Melawan Malaysia, kami tetap kerja keras, disiplin, dan fokus, agar dapat meraih kemenangan demi asa lolos ke semifinal,” kata Ricky Kamis, dikutip dari laman resmi PSSI.

Sementara itu, ambisi di kubu Malaysia tercermin lewat pernyataan sang pelatih, Tan Cheng Hoe.

Dalam pernyataannya, pelatih berusia53 tahun itu tampak sangat berambisi untuk mengalahkan Indonesia.

Demi mewujudkan ambisi tersebut, Tan Cheng Hoe menuntut para pemainnya untuk tampil percaya diri sambil menjaga keseimbangan dalam hal menyerang maupun bertahan.

“Pemain saya harus memiliki kepercayaan diri bahwa mereka bisa mengalahkan Indonesia. Kami harus beradaptasi dengan segala kemungkinan, karena kami tidak yakin tentang pendekatan yang akan diterapkan Indonesia,” kata Tan Cheng Hoe, dikutip dari New Staits Times Malaysia.

“Kami tidak bisa terlalu terburu-buru dan memberikan tekanan yang tidak perlu kepada diri kami sendiri, karena itu akan memengaruhi permainan kami,” ujar Tan Cheng Hoe.

“Kami perlu menemukan cara untuk membongkar pertahan Indonesia dan mencetak gol. Namun, kami juga harus kuat dalam bertahan,” tutur Tan Cheng Hoe menegaskan.

Soal rekor pertemuan, Indonesia tak lebih unggul dalam lima laga terakhir kontra Malaysia.

Dalam lima pertemuan terakhir, skuad Garuda tercatat memetik dua kemenangan.

Di sisi lain, Malaysia mampu mengemas tiga kemenangan, termasuk pada dua pertemuan terakhir di KualifiTikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia perlu mewaspadai catatan tersebut ketika harus kembali bersua Malaysia pada laga penentuan di pentas Piala AFF 2020.

Berikut jadwal matchday terakhir grup B Piala AFF 2020 :

Minggu, 19 Desember 2021

19.30 WIB – Indonesia vs Malaysia / Singapore National Stadium

19.30 WIB – Vietnam vs Kamboja / Bishan Stadium

Editor: Sandy D. Rochmana