Kenali 11 Tanda Kematian, Salah Satunya Kebingungan

oleh
Ilustrasi. (Istockphoto)

Bewarajabar.com – Sudah hukumnya jika setiap yang hidup pasti akan mati, seperti saat manusia yang sudah menemui ajalnya akan pergi menghadapi kematian, entah karena derita sakit, usia lanjut atau karena kecelakaan.

Hal ini adalah hal yang memilukan yang tak dapat dihindari jika membayangkan ditinggal orang yang kita cintai dan kasihi. Namun terkadang orang yang akan menghadapi kematian akan memberikan tanda-tanda.

Dilansir dari detik.com, inilah tanda-tanda kematian pada seseorang!

 

1. Nafsu Makan Berkurang

 

Penurunan nafsu makan bisa jadi merupakan tanda-tanda kematian karena tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi kurang aktif. Orang yang akan meninggal cenderung berhenti makan atau minum secara drastis karena nafsu makannya perlahan-lahan menghilang.

Bila ini terjadi pada orang terdekat, maka biarkan ia makan ketika ia merasa lapar. Sebab ia mungkin akan benar-benar berhenti makan beberapa hari sebelum ia meninggal. Ketika ini terjadi, sebaiknya usapkan bibirnya dengan lip balm untuk menjaga bibir tetap lembab, sehingga ia tetap merasa nyaman.

2. Banyak Tidur

Tanda-tanda kematian berikutnya yaitu banyak tertidur. Bila seseorang akan meninggal, dalam dua atau tiga bulan sebelumnya mungkin ia akan menghabiskan banyak waktunya dengan tertidur.

Kurangnya kesadaran ini karena metabolisme tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi lebih lemah. Tanpa energi metabolisme, seseorang cenderung akan lebih banyak tidur dibandingkan terjaga.

Bila ini terjadi, buatlah ia nyaman dan biarkan ia tertidur. Anda juga dapat membantunya pindah atau turun dari tempat tidur untuk menghindari munculnya ulkus dekubitus atau luka baring.