Menteri Keuangan Sri Mulyani Siapkan Anggaran untuk Pemilu 2024 dan Ibu Kota Baru

oleh
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (cnbcindonesia.com)

Bewarajabar.com – Pemindahan Ibu Kota sudah dicanangkan dalam beberapa tahun yang lalu namun karena adanya pandemi Covid-19 pembangunan Ibu Kota baru, akan dimulai di tahun 2022.

Saat berakhirnya jabatan tahun 2024 mendatang, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan anggaran untuk beberapa program baru di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, anggaran tersebut di antaranya untuk pemilihan umum (pemilu) 2024 dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Namun Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan, belum merinci berapa anggaran yang ditetapkan untuk kedua pos tersebut karena masih dalam pembahasan.

“Beberapa belanja muncul tahun ini, PEN akan jalan, ibu kota juga karena RUU juga sudah jalan, dan persiapan pemilu 2024,” ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin, 3 Januari 2022.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatawarta menyatakan anggaran pemilu bakal mulai disusun di semester II tahun ini.

“IKN dan untuk Pemilu 2024 yang prosesnya akan dimulai kira-kira pada semester II 2022 ini,” kata Isa.

Menurutnya, anggaran pemilu tahun ini tak bakal terlalu besar karena masih dalam tahap persiapan awal. Anggaran besar, lanjutnya, baru akan disiapkan pada 2023-2024 mendatang.

“Karena baru pada tahap awal, pemilu tahun ini belum besar anggarannya, masih pada tahapan persiapan sangat awal biasanya beban besar di 2023-2024,” tutup Isa selaku Direktur Jenderal Anggaran.

Editor: Rian Andrian