Masuk Musim Hujan, Perhatian 7 Ciri-ciri Gejala DBD yang Sering Terjadi pada Anak. Semua Poin Penting

oleh
Nyamuk yang menyebabkan demam berdarah semakin banyak saat musim hujan (Ist)

Bewarajabar.com – DBD yaitu demam berdarah yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa nyamuk dan disebarkannya pada tubuh manusia.

Demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang sangatlah berbahaya dan bisa merenggut nyawa manusia apabila tidak segera ditangani.

Di Indonesia penyakit demam berdarah (DBD) menjadi salah satu masalah kesehatan dan menjadi ancaman serius di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kasus penyakit DBD selalu naik setiap tahunnya, terutama saat musim hujan. Kementrian Kesehatan mencatat di tahun 2022, jumlah kumulatif kasus Dengue di Indonesia sampai dengan minggu ke-22 dilaporakan 45.387 kasus, dan sementara jumlah kematian akibat DBD mencapai 432 kasus.

Kasus DBD menjadi permasalahan yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi Bunda yang memiliki buah hati kesayangan.

Penting bagi Bunda untuk mengetahui gejala yang sering terjadi pada anak yang terkena virus demam berdarah (DBD).

Inilah 7 ciri-ciri gejala DBD pada anak :

1. Demam tinggi

Demam yang terjadi penyebab virus DBD memang sulit dibedakan dengan demam biasa karena flu, tetapi Bunda perlu perhatikan dengan teliti, demam karena virus DBD sering kali demam terjadi naik turun yang terjadi 2-7 hari.

2. Munculnya bintik-bintik merah

Nah, Bunda jangan lupa perhatikan dengan teliti pada tubuh anak ya. Apakah di tubuh anak terdapat bintik- bintik merah atau tidak.

3. Nyeri sendi

Ciri- ciri virus DBD juga bisa menyebabkan nyeri sendi pada tubuh. Bunda  perlu tanyakan pada anak, apakah dia merasakan nyeri pada tubuhnya atau tidak.