Mengurangi Risiko Bencana, BPBD Gelar Simulasi Keluarga Tangguh Bencana

oleh

Bewarajabar | Kab. Bandung – Sejumlah peserta bimbingan teknik (bimtek) keluarga tangguh bencana (katana) di daerah aliran sungai melaksanakan simulasi pada kegiatan akhir bimtek tersebut di Desa Ciluluk Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Jumat (20/5/2022). Simulasi itu untuk mengurangi risiko bencana.

Para peserta bimtek yang mencapai 40 orang yang berasal dari lima desa di Kecamatan Cikancung itu, melaksanakan observasi lapangan untuk melihat keadaan disaat terjadi bencana gempa bumi.

Pelaksanaan simulasi disaat terjadi bencana itu, dilaksanakan di tiga rumah warga, yaitu rumah permanen dan rumah panggung.

Simulasi keluarga tangguh bencana yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung itu melibatkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bandung, merupakan rangkaian pelaksanaan bimtek katana yang dilaksanakan di Desa Ciluluk sejak Selasa (17/5/2022) hingga Jumat ini.

Sebelum dilaksanakan simulasi, para peserta dari perwakilan keluarga Desa Ciluluk, Srirahayu, Mekarlaksana, Cihanyir dan Desa Cikancung itu, mereka dibekali tentang wawasan manajemen bencana, pengenalan risiko bencana, kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di daerah wilayah sungai, pengenalan rumah aman bencana.
Selain itu, peran ibu dalam membangun ketangguhan keluarga dan masyarakat menghadapi bencana.

Mereka juga dibekali rencana siaga keluarga, rencana evakuasi bencana, rencana kontijensi, peringatan dini berbasis masyarakat dan pertolongan pertama.

Penyampaian wawasan kebencanaan itu turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Supriatna, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama.