Omicron Terus Melonjak, Larangan Masuk ke Indonesia Bagi 14 Negara Resmi Dicabut?

oleh
Kasus Varian omicron di Inggris (Detik.com)

Jakarta, Bewarajabar.com – Pada 10 Januari 2022 lalu, pemerintah telah melaksanakan rapat bersama yang menghasilkan beberapa aturan, salah satunya adalah diputuskannya pembukaan perjalanan Internasional bagi semua negara.

Dilansir dari Kompas.com, hal ini tertuang dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 02 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. SE itu berlaku mulai 12 Januari 2022.

Sementara itu, pada 30 November 2021, telah diberlakukan larangan masuk bagi beberapa negara. Hal ini berkaitan dengan adanya varian omicron yang dikhawatirkan masuk ke Indonesia.

 

Negara-negara yang mencatatkan kasus Omicron dalam jumlah besar dan dilarang masuk ke Indonesia adalah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hongkong. Pemerintah lantas menghapus Hongkong dari daftar tersebut dan memasukkan UK (Inggris Raya), Norwegia, Denmark, dan Perancis ke dalam daftar.

Dengan dicabutnya daftar negara yang warganya dilarang masuk, seluruh masyarakat internasional kini bisa masuk ke Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penghapusan ini dilakukan karena varian Omicron sudah meluas ke 150 dari total 195 negara di dunia (76 persen negara) per 10 Januari 2022. Dengan kondisi demikian, pembatasan dinilai menyulitkan pergerakan dan dikhawatirkan berimbas pada stabilitas dan ekonomi negara.

 

“Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada, maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.