Tahun Ajaran 2022, Disdik Jabar Luncurkan Tiga Kurikulum Baru

oleh

Bewarajabar | Bandung – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat meluncurkan tiga kurikulum baru pada tahun ajaran 2022, yaitu Kurikulum Industri, Kurikulum Jabar Masagi dan Kurikulum Pendidikan Anti Korupsi (PAK).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi dalam keterangan persnya, Kamis (25/2/2022) mengatakan, tiga kurikulum ini dinilai penting karena bisa menjadi bekal bagi peserta didik di kemudian hari.

Dedi menjelaskan, terkait Kurikulum Industri yang akan diterapkan di Jabar merupakan kerjasama antara pihaknya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat.

“Itu yang pertama adalah peluncuran Kurikulum Industri. Jadi kurikulum ini yang sudah diramu bersama teman-teman dari Kadin. Ternyata kebutuhan industri itu ada A, B dan C. Itu yang harus kita lindungi,” ujar Dedi Supendi.

Menurut dia Kurikulum Industri ini memiliki 18 program seperti teknik konstruksi dan perumahan, program desain pemodelan dan informasi bangunan, teknik kimia industri, teknik otomotif, teknik ketenagalistrikan dan teknik elektronika.

“Selain itu ada juga nauika kapal penangkap ikan, nautika kapal niaga, agro teknologi pengolahan hasil pertanian, desain komunikasi visual, pengembangan perangkap lunak, teknik jaringan komputer, manajemen perkantoran dan layanan bisnis, akuntansi keuangan dan lembaga, busana, perhotelan, dan juga layanan pariwisata,” kata dia.

Sementara itu terkait Kurikulum Jabar Masagi, menurut Dedi, kurikulum ini lebih banyak kepada penguatan karakter dan budaya potensi lokal Jawa Barat dan kurikulum ini akan mulai diterapkan di tahun ajaran 2022 dan 2023.