Viral! Fenomena Hujan Es Terjadi di Kintamani Bali

oleh
Tangkapan layar hujan es di Kintamani, Bali. (instagram.com/bali.terkini)

Bewarajabar.com – Fenomena unik berupa hujan es terjadi di daerah Bali, tepatnya di wilayah Kintamani, Kabupaten Bangli pada Selasa, 1 Februari 2022.

Fenomena ini sempat terekam kamera ponsel milik netizen sehingga viral di media sosial. Salah satu akun yang mengunggah fenomena hujan es di Bali ini yaitu @laluna.nail.

Dalam unggahan yang beredar di media sosial, terlihat butiran hujan es berbentuk bulat seperti kelereng jatuh di wilayah Kintamani. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali juga membenarkan peristiwa fenomenal ini.

 

“(Hujan es) sudah (berhenti). Biasanya itu terjadi hanya sekian detik saat awal turun hujan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Ketut Agus Sutapa dalam keterangannya.

Agus Sutapa menjelaskan, sampai dengan saat ini belum ditemukan adanya laporan kerusakan akibat peristiwa hujan es tersebut. Fenomena ini terjadi secara tidak merata di wilayah Kintamani dan di sekitar kawasan Batur.

“Belum ada (kerusakan). Karena butiran es saat di daratan jadinya tidak keras. Kalau enggak salah di wilayah Batur juga,” jelasnya.

Seperti diketahui, fenomena hujan es ini juga sebelumnya sempat terjadi di wilayah Kintamani pada Jumat, 24 Desember 2021 lalu. Kendati demikian, pihak BPBD Bali tidak mengetahui secara pasti mengapa kerap terjadi hujan es di wilayah Kintamani, Bali.

 

 

 

Editor: Rian Andrian

Sumber: cnnindonesia.com