5 Klub Dengan Pemenang Ballon d’Or Terbanyak, Ini Daftarnya

oleh

Bewarajabar.com – France Football bentuk penghargaan tahunan kepada Pemain terbaik sepak bola terkemuka di klub dan mewakili negaranya, penghargaan tersebut adalah Ballon d’Or.

Banyak pemain hebat di dunia telah memenangkan trofi pribadi bergengsi ini.

Dalam perjalanan Ballon d’Or ini Sejak didirikan pada tahun 1955, beberapa pemain kelas dunia telah memenangkan penghargaan bergengsi.

epatnya, 25 pemain berbeda dari 19 negara berbeda dan 20 klub berbeda telah memenangkan Ballon d’Or selama bertahun-tahun.

Dilansir bola.com, pemain yang berkebangsaan Argentina Lionel Messi  terpilih sebagai pemenang Ballon d’Or 2021.

Argentina mengalahkan Robert Lewandowski dari Bayern Munich untuk menjadi trofi Ballon d’Or ketujuh dalam karir Messi.

Menarik untuk disimak adalah deretan klub di penjuru Eropa dengan koleksi trofi Ballon d’Or yang didapat para pemainnya. Selain nama Lionel Messi, tentu ada sosok Cristiano Ronaldo dan para pemain besar lainnya yang sudah pensiun.

Tanpa perlu banyak basa-basi, berikut ini daftar lima klub yang secara peringkat memiliki jumlah peraih Ballon d’Or sepanjang masa:

Bayern Munchen

Merupakan tim paling sukses di Jerman. adalah salah satu klub paling sukses di Jerman dan Eropa. Raksasa Bavaria adalah pemenang rekor Bundesliga, dan juga telah memenangkan enam gelar Liga Champions.

Bersama dengan Barcelona, ​​​​Bayern Munich adalah satu-satunya klub lain yang memenangkan treble winner. Mereka terakhir mencapai prestasi di musim 2019-2020, berkat peran seorang Robert Lewandowski.

Selama bertahun-tahun, Bayern Munich memiliki tiga pemain yang memenangkan lima gelar Ballon d’Or saat bermain untuk klub. Mereka adalah Gerd Muller (1 kali), Franz Beckenbauer (2 kali) dan Karl-Heinz Rummenigge (2 kali). Namun, Bayern belum memiliki pemenang Ballon d’Or sejak Rummenigge memenangkan penghargaan keduanya pada 1981.

AC Milan

Merupakan klub tersukses di Italia, terutama memenangkan kejuaraan antarklub Eropa seperti Liga Champions dengan tujuh gelarnya. Rossoneri juga sudah memenangi 18 trofi scudetto.

Tidak mengherankan, jika Milan memiliki banyak pemenang Ballon d’Or selama bertahun-tahun. Enam pemain telah memenangkan Ballon d’Or saat bermain di San Siro.

Pemain Milan yang palig banyak memenangkan Ballon d’Or adalah Marco van Basten (3 kali). Pemenang Ballon d’Or terakhir di AC Milan adalah Kaka pada tahun 2007.

Juventus

Menjadi klub paling sukses dan raja di Italia, Juventus juga tidak ketinggalan mengirimkan wakilnya menyabet Ballon d’Or. Bianconeri mencatat rekor 36 kali juara Serie A, dan telah mencapai enam final di era Liga Champions, dengan satu kemenangan.

Tidak mengherankan, mereka memiliki beberapa pemain kelas dunia yang telah muncul untuk mereka selama bertahun-tahun. Pemenang Ballon d’Or terbaru Juventus adalah Pavel Nedved, yang mengalahkan Thierry Henry untuk penghargaan yang didambakan pada tahun 2003.

Lima pemain Juventus lainnya telah memenangkan total tujuh gelar Ballon d’Or untuk klub, dengan Michel Platini (3) satu-satunya yang melakukannya beberapa kali.

Real Madrid

Klub berjulukan Los Blancos adalah tim paling sukses di Spanyol bahkan dunia. Bagaimana tidak? Mereka telah memenangkan rekor 34 gelar La Liga dan 13 di Liga Champions.

Real Madrid juga dianugerahi banyak pemain bagus selama bertahun-tahun lamanya. Mungkin yang terbaik dari mereka semua adalah Cristiano Ronaldo, yang memenangkan empat gelar Ballon d’Or dalam rentang waktu lima tahun.

Satu-satunya pemain Real Madrid lainnya yang memenangkan beberapa gelar Ballon d’Or adalah Alfredo Di Stefano (2 kali). Luka Modric (2018) adalah pemain Real Madrid terbaru yang meraih penghargaan yang didambakan.

Dia mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi setelah memenangkan Liga Champions dan membawa Kroasia ke final Piala Dunia FIFA 2018. Dengan demikian, ada delapan trofi Ballon d’Or yang ada di Real Madrid.

Barcelona

El Barca adalah rivali abadi Real Madrid. Bertahun-tahun lamanya Barcelona bersaing sengit untuk meraih gelar juara dengan Real Madrid.

Namun Barca unggul dalam torehan trofi Ballon d’Or, yakni 12 piala.

Lionel Messi (6 kali) dan Johan Cruyff (2 kali), menjadi penyumbang terbanyak trofi Ballon d’Or. Empat pemain lain telah menyumbang empat kemenangan Ballon d’Or lainnya bagi Barcelona adalah Luis Suarez, Hristo Stoichkov, Rivaldo dan Ronaldinho.

Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah, yang baru saja memenangkan trofi itu untuk edisi tahun 2021.

Editor: Sandy D. Rochmana