7 Tips Simpel Agar Olahraga Lari Aman dan Happy!

oleh
Ilustrasi Olahraga Lari di Pantai saat Pagi Hari (Pexels.com/Maksim Romashkin)

Bewarajabar.com – Lari adalah aktivitas olahraga yang hampir dilakukan banyak orang pada tiap pagi di akhir pekan. Dengan berlari, pikiran kamu akan lebih fresh dan tubuhmu menjadi lebih segar.

Selain sehat, lari juga menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya sendiri, atau bersama keluarga ataupun sahabat.

Tapi masih sedikit orang yang melakukan olahraga simpel ini tanpa perlengkapan yang tepat dan persiapan yang baik. Karena berlari dinilai simpel dan mudah beberapa orang menyepelekan persiapan sebelum olaraga lari.

Lantas, bagaimana tips berlari yang baik? Mengutip dari Alodokter.com pada artikel berjudul Jangan Lewatkan 5 Manfaat Lari untuk Kesehatan Tubuh, berikut tips olahraga lari:

Tips Melakukan Olahraga Lari

Meski mudah dan dapat dilakukan kapan saja, ada baiknya bila Anda melakukan beberapa persiapan sebelum lari. Hal ini penting dilakukan agar manfaat lari dapat Anda peroleh secara maksimal dan mengurangi risiko cedera yang dapat terjadi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan olahraga lari:

  • Pilihlah sepatu olahraga yang tepat guna mengurangi risiko cedera.
  • Lakukan pemanasan sebelum lari.
  • Awali dengan berjalan selama 5 menit terlebih dahulu.
  • Kombinasikan lari dan berjalan secara bergantian selama beberapa menit
  • Tingkatkan durasi lari secara bertahap hingga Anda mampu berlari tanpa berjalan.
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan pelan agar detak jantung dan tekanan darah kembali normal.
  • Jika kamu mendengarkan musik dengan earphone, pastikan volume tidak terlalu keras.

Jika Anda baru pertama kali melakukan olahraga lari, sebaiknya Anda memulainya secara perlahan dan lakukan secara rutin 2 kali seminggu. Bila tubuh mulai terbiasa, Anda dapat meningkatkan intensitasnya, baik dari kecepatan atau jarak lari.

Untuk mendapatkan manfaat lari yang maksimal, Anda juga perlu menyertainya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan gaya hidup sehat.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menjadikan lari sebagai olahraga rutin Anda. Dokter akan memberikan tips lari sesuai kondisi fisik Anda, sehingga manfaat lari dapat diperoleh secara maksimal dan tidak malah terjadi cedera.

***

(Tim Redaksi Alodokter.com)

Sumber: Alodokter.com