Menekan Penyebaran Virus Corona, Karang Taruna Kresna Asih Dirikan Posko Covid-19

oleh

Masalah wabah ini tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah.

Bandung, Bewarajabar.com – Dalam upaya untuk menekan penyebaran virus Corona, Karang Taruna Kresna Asih mendirikan Posko Covid-19 di Jalan Kopo Sukaleueur, Kelurahan Babakan Asih, Kecamatan Bojongloa Kaler. Posko tersebut dilaunching pada tanggal 9 April 2020 yang dibuka langsung oleh camat Bojongloa Kaler, Drs. Ayi Sutarsa.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat, karang taruna, muspika yang terdiri dari Kepolisian, Koramil serta Kelurahan Babakan Asih.

Sekretaris Karang Taruna Kresna Asih, Ruby menjelaskan maksud dan tujuan didirikannya pos Covid-19 ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang saat ini menjadi wabah global. Selain itu juga mengedukasi, memberi himbauan juga tentang bahayanya virus Covid-19 serta memberi bantuan Masker dan cairan Disinfektan kepada masyarakat setempat.

Sejalan dengan itu, Camat Bojongloa Kaler Drs. Ayi Sutarsa menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih aktif dan proaktif, serta mengikuti program dan aturan pemerintah. Tetap jaga jarak dan tinggal dirumah, terus aktif dalam mencegah Covid-19 ini dengan sesuai prosedur yang ada.

“Kembali pada kesadaran masyarakat, yang utama dalam pemutusan mata rantai covid-19 ini, selain itu juga saya merasa berterimakasih pada karang taruna kresna asih yang bisa menjadi pelopor untuk semua karang taruna yang ada, kepedulian karang taruna dan rekan rekan semua patut diacungi jempol”, ucap Ayi Sutarsa.

Lurah Babakan Asih Hendra berharap, bahwa dengan adanya posko Covid-19 yang dipelopori oleh karang taruna Krisna Asih ini, mudah-mudahan bisa menjadi ujung tombak untuk mengedukasi masyarakat agar masyarakat mengerti akan bahaya dan efek dari pada Covid-19 ini.

“Harapan saya selaku lurah Babakan Asih mungkin sama dengan pak camat, dengan adanya posko ini mudah-mudahan bisa mempercepat penyelesaian pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 ini, sehingga situasi dan kondisi kembali normal seperti sebelumnya. Posko ini fungsinya sebagai pusat informasi dan mengedukasi warga masyarakat, supaya informasi-informasi itu diserap secara benar”, ucap Hendra.

Hendra meneruskan, didirikannya Posko Covid ini merupakan satu langkah untuk mempercepat pemutusan mata rantai covid-19 ini. Karena masalah wabah ini tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah.

“Saya berharap warga masyarakat bisa memanfaatkan posko ini, selain untuk sebagai sumber informasi juga apabila ada bantuan untuk penyaluran bisa difasilitasi disini sehingga bisa tepat sasaran kepada yang membutuhkan, tidak hanya parsial atau perorangan, tapi dipusatkan disini hingga lebih masif lagi dan masyarakat yang miskin juga lebih diutamakan”, pungkasnya.

**Deni