Pelaksanaan Magang Praja IPDN di Kabupaten Bandung

Suasana pengarahan Praja IPDN oleh Mochammad Usman, S.Sos, M.Si Staf ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan.

Bewarajabar | Kab. Bandung – Paska libur cuti lebaran 2022, sebanyak 21 (dua puluh satu) orang Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor melaksanakan magang di Kabupaten Bandung dimulai dari tanggal 11 Mei 2022 sampai tanggal 3 Juni 2022.

Dengan rincian sembilan orang praja tingkat I (satu), dua belas orang praja tingkat 2 (dua), kedatangan para praja IPDN yang diterima langsung oleh staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Mochamad Usman, S.Sos., MSi.

Dalam arahannya, beliau menyampaikan kepada para praja IPDN agar sungguh – sungguh menyerap berbagai pengetahuan selama magang, termasuk praktek dalam situasi sebenarnya, yaitu berhadapan dengan masyarakat.

Dalam kegiatan magang, para praja IPDN langsung turun, untuk praktek dilapangan dan dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan, sehingga mengetahui langsung apa sebenarnya keinginan dari masyarkat terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melayani masyarakat, seperti dalam rangka pembuatan KTP, Izin Bangunan, Pembuatan Akta kelahiran dan lainnya.

Karena Praja IPDN yang magang saat ini akan menjadi pamong bagi masyarakat dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan penyelenggara negara.

Pelaksanaan magang dibagi 2 (dua) bagian, yang pertama untuk tingkat 2 (dua) dilaksanakan di SKPD/OPD Kabupaten Bandung, sesuai jurusan yang diambil oleh para praja dan untuk tingkat 1 (satu) pelaksanaan magang dilaksanakan di Kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Bandung.