Waspada! Hasil Study Mengungkap Anak Usia di Bawah Satu Tahun Rentan Terinfeksi Varian Omicron

oleh
Ilustrasi. (Istockphoto)

BewaraJabar.com — Penyebaran Covid-19 varian Omicron sudah semakin menyebar di seluruh dunia.
Berbagai cara dilakukan untuk mencegah penyebaran Omicron yang menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan umur.

Baru-baru ini telah ditemukan bahwa varian Omicron lebih menyerang pada anak-anak dibawah usia 1 tahun.

Hasil studi terbaru mengungkap bahwa anak usia di bawah satu tahun lebih rentan terinfeksi virus Covid-19 varian Omicron.

Melansir dari Instagram PRFMNews, berdasarkan PMJ News, hasil studi terbaru tersebut diungkap oleh Profesor Kesehatan Anak dan Pengobatan Wabah, Universitas Liverpool Inggris, Calum Semple yang dirilis pada 14 Januari 2022.

Calum Semple menjelaskan, kelompok usia anak-anak lebih rentan terinfeksi varian Omicron daripada orang dewasa. Meski demikian, ia menyebut bahwa gejala yang ditimbulkan cenderung lebih ringan.

“Ada peningkatan proporsi anak kecil yang dirawat di rumah sakit dalam empat minggu terakhir, didorong oleh bayi di bawah satu tahun,” ucapnya.

Calum Semple menambahkan, dari total pasien anak terinfeksi Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, sekira 42 persen berusia di bawah 1 tahun.

“Dibandingkan pada gelombang sebelumnya yang hanya sekira 30 persen saja (pasien anak positif Covid-19). Namun, para peneliti menekankan bahwa penyakitnya masih relatif ringan,” imbuhnya.