BLT dan BSU BBM Sudah Cair, Cek Namamu dan Dokumen Syarat Pencairannya

oleh
Presiden Jokowi salurkan BLT

Berawajabar.com – Pemerintah Melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan kebijakan pemberian bantuan langsung tunai atau BLT dan bantuan subsidi upah (BSU) bulan ini.

Penyerahan BLT BBM tersebut direncanakan akan diberikan kepada 20,6 juta masyarakat penerima bantuan langsung tunai dengan besaran bantuan Rp 150.000/orang selama empat bulan.

Penyerahan bantuan langsung tunai tersebut akan di berikan sebanyak 2 kali sebesar Rp 300.000, Jadi setiap orang akan menerima BLT sebanyak Rp. 600.000 Dalam bulan September sampai Desember 2022.

Untuk melakukan pencairan bansos tersebut harus melengkapi beberapa dokumen syarat pencairan berdasarkan jenis bansosnya

Berikut adalah cara mengecek syarat sebagai penemerima BLT Dan BSU :

1. Cara Cek Persyaratan BLT BBM

BLT BBM dianggarkan sebesar Rp 12,4 triliun untuk 20,65 juta keluarga kurang mampu masing-masing sebesar Rp 600 ribu. Bantuan tersebut diberikan dalam dua tahap yakni September dan Desember sebesar Rp 300 ribu.

BLT merupakan penyaluran bantuan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di beberapa daerah. Adapun pencairan BLT melibatkan PT Pos Indonesia.

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk penerima BLT BBM atau tidak, kunjungi halaman website kemnaker.go.id. Setelah itu lakukan pendaftar akun, jika belum memiliki akun.

Selesai mendaftar, masuk ke dalam akun dan lengkapi informasi profil seperti foto profil, tentang kamu, status pernikahan, dan tipe lokasi. Lalu cek pemberitahuan.

Selanjutnya, jika sudah terdaftar sebagai calon penerima BLT BBM Rp 600.000, akan muncul notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima BSU. Apabila tidak menerima, akan mendapat notifikasi sesuai keterangan.

Untuk diketahui, bagi warga yang merasa telah memenuhi syarat penerima BLT BBM Rp 600.000 tetapi tidak terdaftar. Maka dapat mengusulkan diri melalui program sanggah di situs Kementerian Sosial https://cekbansos.kemensos.go.id