Sign in

Sign up

AKIP Penguatan Kinerja Kabupaten Kota

By on Oktober 2, 2019 0 75 Views

Bandung , bewarajabar.com – Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil didamping Pj .Sekda Jabar Daud Achmad, juga hadir kepala bagian Administrasi dan pelaporan Kemenpan yaitu Bapa Syamsudin,  memberi paparan Kepada Para Bupati, Walikota, sekdis kota  dan kabupaten  dan para ASN  dari kota dan kabupaten, untuk diterapkan di   OPD   masing masing, perihal Evaluasi akuntabilitas, kinerja para ASN, acara dilaksanakan di Aula Barat Gedung Sate Bandung.   (2 /10 /2019) 

Menurut Gubernur Jabar  adanya SAKIP untuk mengukur kemampuan cara kinerja ASN  ataupun pejabat, jangan kelihatan  sibuk tapi tidak tahu apa yang dikerjakan . Survei terakhir masih banyak ASN yang tidak paham Tupoksinya bahkan di pemerintah Provinsi Jawa Barat mencapai 20 persen. Ujar Ridwan Kamil.  Untuk itu setiap atasan diwajibkan merichek staf dan mengingatkan agar bekerja sesuai harapan pemerintah. Ukuran daerah yang SAKIP  nya  masih C, berarti kinerjanya tidak nyambung dengan harapan Pemprov, tapi alhamdulilah di Jawa Barat tahun ini sudah mencapai kategori B.

Birokrasi  aparatur akan buruk jika kinerja pegawai tidak tahu ukuran kinerja yang berimbas pada ukuran keberhasilan, Jawa Barat sudah cukup baik secara umum  dalam laju pertumbuhan Ekonomi persemester  mencapai 5,7 persen juga kemiskinan sudah berkurang. Seiring jaman saat ini Era 4.0, akan lebih mudah melalui  Digital untuk mengukur kemampuan kinerja, dan mengukur prestasi kota serta  Kabupaten . Karena keberhasilan Jabar diraih dari gabungan keberhasilan bupati serta Walikota di 27  Kota dan Kabupaten di Jabar. ujar Gubernur Jabar.

Misi yang akan diterapkan kedepan di Jabar ada lima, yang utama membentuk Pancasila yang bertaqwa, melahirkan manusia berbudaya, melalui  program Jabar Masagi yang berbudaya karakter dalam melatih kecerdasan. Dilahirkan bahagia dan produktif melalui pelayanan publik yang Inovatif, juga dalam waktu 12 bulan ini juga dibentuk Jabar Quick response untuk melayani kemanusiaan, terakhir memperlebar pertumbuhan ekonomi lingkungan berbasis tata ruang.

Menurut Gubernur viscal akan dibagi 3 berdasarkan populasi, vanisment yg tinggi dan yang mensukseskan program Provinsi. Semua kinerja akan terpantau melalui Aplikasi e – RK ( Elektronik Remunerasi ) yang akan diwajibkan pada seluruh Aparatur Sipil Negara, untuk mengisi laporan terkait kinerjanya. Ungkap Gubernur Jabar.  ( Farida) .

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *