Menjelang HJKB ke-210 Tahun 2020, Ternyata Ini Filosofi Logonya

0

Bandung, bewarajabar.com — Menjelang Hari Jadi ke-210 Kota Bandung pada 25 September 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan logo, tema, dan tagline. Tahun ini tema yang diangkat tahun ini memang berkaitan dengan perang Kota Bandung melawan Covid-19.

Tahun lalu tema yang diusung adalah, “Membangun Bersama Oded Yana: Kota Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis”. Tahun ini, sesuai dengan Surat Edaran No. 003/SE.117-Bag.Kesra/IX/2020 tentang peringatan HJKB ke-210 Tahun 2020, tema yang diusung adalah, Dengan Inovasi dan Kolaborasi, Kota Bandung Bergerak Melawan Pandemi Covid-19″. Sedangkan tagline tahun ini, yaitu “Bersama Kita Tangguh”.

Sementara itu logo Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) tahun ini bergambar 210 dilengkapi dengan tulisan Bersama Kita Tangguh. Bentuk lingkaran pada angka 2 dan 0 menggambarkan Bandung yang dinamis, berkolaborasi untuk berinovasi. Ketangguhan Bandung digambarkan dengan angka 1 yang berbéntuk ujung atas Jembatan Pasupati berwarna bendera merah putih melambangkan sila ketiga dari Pancasila dan juga kekokohan.

Baca Juga :  Hasil Evaluasi GTPP Covid-19 Jabar, Wacanakan Cek Poin di Batas Kota Akan Diberlakukan Kembali

Sedangkan garis-garis putih yang memotong angka 2 dan 0 menggambarkan Pemerintah Kota Bandung memegang, mengayomi, dan melindungi warganya. Warna biru pada tulisan “Bersama Kita Tangguh” dan kuning menggambarkan Kota Bandung yang berwibawa dan menyenangkan.

Warna hijau pada logo menggambarkan Kota Bandung yang segar penuh inovasi. Terakhir, warna merah menggambarkan keberanian melawan pandemi Covid-19.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya mengatakan, peringatan HJKB tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terkait dengan masih mewabahnya Covid-19 di Kota Bandung.

Baca Juga :  Wakil Bupati Garut Lepas Kafilah MTQ XXXVI Tingkat Provinsi Jawa Barat

Oleh karenanya, tema tahun ini mengangkat upaya bersama seluruh elemen Kota Bandung melawan pandemi Covid-19. Karena selama ini, Pemkot Bandung bersama dengan warga telah bahu membahu mengeluarkan seluruh inovasi dan kolaborasinya untuk memutus mata rantai Covid-19.

Upaya-upaya itu masih terus dilakukan hingga Covid-19 memang benar-benar lenyap dari Kota Bandung. Karena seperti diketahui, seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, dan seluruh elemen masyarakat bahu-membahu memerangi Covid-19.

“Tagline Bersama Kita Tangguh juga untuk menunjukan bahwa Pemkot Bandung berserta dengan seluruh warganya tidak pernah menyerah terhadap apapun termasuk Covid-19. Ini yang dapat membangkitkan semangat kita semua untuk terus melaksanakan protokol kesehatan,” tuturnya.

Filosofi Logo Hari Jadi ke-210 Kota Bandung
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi meluncurkan logo peringatan Hari Ulang Tahun ke-210 Kota Bandung. Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Kiara Artha Park, Rabu (16 September 2020).

Logo berbentuk angka 210 itu dirancang oleh tim kreatif Humas Kota Bandung dan disempurnakan oleh sejumlah pakar industri kreatif subsektor desain yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Baca Juga :  Pentingnya Solidaritas Sosial di Tengah Pandemi

Pada logo tersebut, angka dua dan nol memiliki bentuk dasar lingkaran yang menggambarkan Kota Bandung yang dinamis, berkolaborasi untuk berinovasi. Sedangkan angka satu yang berbentuk puncak Jembatan Pasupati melambangkan ketangguhan.

Makna tangguh itu sejalan dengan tagline utama HUT ke-210 Kota Bandung, yaitu “Bersama Kita Tangguh.” Tagline tersebut merupakan semangat Kota Bandung secara kolaboratif tangguh melawan pandemi Covid-19.

Angka satu yang berwarna merah dan putih itupun bermakna sila ketiga dari Pancasila, yakni “Persatuan Indonesia.” Angka satu yang menjadi puncak jembatan Pasupati itu juga melambangkan kekokohan Kota Bandung.

Baca Juga :  Oded dan Yana Gelar Silaturahmi Daring

Sementara itu, garis-garis putih yang memotong angka dua dan nol menggambarkan Pemkot Bandung memegang, mengayomi, dan melindungi warganya.

Pada logo tersebut, terdapat logogram bertuliskan tagline “Bersama Kita Tangguh” dengan warna biru yang berwibawa. Warna kuning pada angka nol memberi kesan menyenangkan. Sedangkan warna hijau menggambarkan Bandung yang segar dan penuh inovasi. Warna merah melambangkan semangat keberanian melawan pandemi Covid-19.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menuturkan, filosofi yang terkandung dalam logo tersebut merupakan identitas dan jiwa Kota Bandung saat ini. Kendati akan digelar dengan cara yang sederhana, peringatan HUT ke-210 Kota Bandung tahun ini tetap harus memiliki ruh seperti yang digambarkan di dalam logo.

Baca Juga :  Pemkot Bandung Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Meski di Saat Pandemi COVID-19

“Kita tahun ini memang tidak merayakan HJKB (Hari Jadi Kota Bandung) secara besar-besaran, tetapi sangat sederhana. Namun itu momentum yang sakral dan kita perlu mengingat kembali perjuangan leluhur pendahulu kita dalam membangun Kota Bandung,” katanya.

Ia meminta, kesederhanaan itu tidak menghilangkan esensi dari peringatan HJKB. Ia berharap slogan “Bersama Kita Tangguh” bisa terwujud dalam keseharian warganya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here