Antasida Doen: Kenali Manfaat, Aturan Pakai, dan Efek Samping

oleh

Sementara itu, aluminium hidroksida bekerja dengan menetralkan dan melindungi dinding lambung dari iritasi yang diakibatkan oleh meningkatnya asam lambung terlalu banyak.

Peringatan Penting Sebelum Mengonsumsi Antasida Doen
Sebelum menggunakan Antasida Doen untuk mengatasi asam lambung, tukak lambung, atau penyakit pencernaan lain, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut, yaitu:

  • Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal sebelum mengonsumsi Antasida Doen.
  • Konsultasikan dengan dokter riwayat penggunaan obat-obatan lain baik itu suplemen, obat herbal, obat resep, atau obat non resep. Beberapa jenis obat diduga dapat berinteraksi dengan kandungan Antasida Doen.
  • Mengingat Antasida Doen mengandung magnesium hidroksida, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya jika Anda sedang menjalani diet rendah magnesium.
  • Meskipun Antasida Doen tergolong relatif aman untuk ibu hamil, namun demi keamanan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.
  • Hati-hati penggunaan Antasida Doen pada ibu menyusui, sebab bahan aktifnya dalam kadar tertentu dapat terserap ke dalam ASI. Untuk itu, Anda tidak disarankan menggunakan obat ini saat sedang menyusui tanpa sepengetahuan dokter.

Dosis dan Aturan Pakai Antasida Doen

Perlu diketahui, Antasida Doen hanya membantu meringankan gejala, bukan mengobati penyebab penyakit.

Selama mengonsumsi obat ini, Anda tetap harus menunjangnya dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Antasida Doen termasuk dalam golongan Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN) yang dapat diperoleh dan dikonsumsi bebas tanpa resep dokter.