Hari Lahir Pancasila: Pemda Provinsi Jawa Barat Gelar Bangkit Fest 2022

oleh
Hari Lahir Pancasila Pemda Provinsi Jawa Barat Gelar Bangkit Fest 2022

Bewarajabar | Bandung – Pemda Provinsi Jawa Barat menggelar Bangkit Fest 2022 dalam rangka Hari Lahir Pancasila yang jatuh 1 Juni.

Bangkit Fest mengajak anak muda dari seluruh Indonesia mengikuti berbagai perlombaan kreatif dan bebas berkreasi.

Bangkit Fest 2022 diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat.

Berbagai perlombaan fokus pada tema Pancasila dan nasionalisme yang membangkitkan semangat persatuan.

Yakni lomba desain visual untuk media sosial, bikin lagu, pantun nasionalisme, film pendek, serta video edukasi.

Pelaksana Harian Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan penghargaan kepada para pemenang Lomba Bangkit Fest 2022 di Taman Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Jalan Ir. Djuanda, Kota Bandung, Rabu (1/6/2022).

“Lomba ini sangat luar biasa serta lebih kreatif dan inovatif. Tiga tahun lalu saya hadir, sekarang lebih bagus dan pesertanya lebih banyak. Peserta dari luar daerah (provinsi) pun lebih banyak,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

“Yang jelas kegiatan ini untuk membumikan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara,” tegasnya.

Pak Uu — sapaan akrab Uu Ruzhanul Ulum — mengingatkan penting untuk tetap menghadirkan Pancasila dalam kehidupan generasi muda. Bahwa Pancasila adalah alat persatuan dalam masyarakat majemuk yang terdiri dari suku, budaya, dan agama berbesa- beda.

Menurut Pak Uu, nilai – nilai Panasila jangan sampai pudar ditelan zaman apalagi di kalangan anak – anak muda yang lahir setelah era kemerdekaan dan hanya mengenal Pancasila dari buku sejarah.