Menu

Mode Gelap
Kasus ‘Lingkaran Setan’ di SMAN 1 Ciamis Mengakibatkan 18 Korban, Begini Kata Kadisdik Jabar Sebanyak 18 Siswa Menjadi Korban ‘Lingkaran Setan’ di SMAN 1 Ciamis Cek Selengkapnya Ramalan Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Sabtu 15 Januari 2022 How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It

Ekonomi · 23 Sep 2021 14:31 WIB

Pemkot Bandung dan Tokopedia Bekerjasama dalam Memulihkan Ekonomi, Yana: UMKM Harus Berinovasi


 Pemkot Bandung dan Tokopedia Bekerjasama dalam Memulihkan Ekonomi, Yana: UMKM Harus Berinovasi Perbesar

Bandung, BewaraJabar — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan upaya agar sektor ekonomi rakyat di Kota Bandung tetap hidup dan berjalan.

Sebab akibat pandemi covid-19, sektor UMKM merupakan salah satu sektor sangat terdampak utamanya dari sisi produksi dan penjualan.

Upaya tersebut dilakukan dengan berbagi peran di antara para OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, mulai dari pendampingan usaha hingga penyediaan fasilitas digital marketing dan sarana pemasaran produk umkm.

Pemkot Bandung dan Tokopedia Bekerjasama dalam Memulihkan Ekonomi, Yana: UMKM Harus Berinovasi

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat memberikan sambutan di acara Talkshow Kampanye Tokopedia Nyam melalui media zoom meeting, Kamis 23 September 2021.

“Disdagin (Dinas Perdagangan dan Perindustrian) memberikan fasilitas terkait uji mutu, sertifikasi halal, dan Pasar Kreatif Bandung. Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) terkait HAKI, Dinkes terkait izin P-IRT,” jelas Yana.

“Sedangkan Dinas Koperasi dan UMKM terkait pendampingan pembiayaan dari perbankan juga dengan menyediakan sarana layanan pemasaran produk umkm (Salapak),” imbuhnya.

Untuk itu, Yana meminta kepada para pelaku UMKM di Kota Bandung agar tetap berinovasi dan berkreasi di tengah pandemi covid-19.

Pemkot Bandung dan Tokopedia Bekerjasama dalam Memulihkan Ekonomi, Yana: UMKM Harus Berinovasi

“Kami dari Pemerintah Kota Bandung selalu menekankan kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berkreasi. Tentunya kami tidak pernah berhenti membantu teman-teman UMKM,” tuturnya.

Yana memastikan, meski belum bisa memberikan bantuan permodalan karena adanya keterbatasan anggaran, Pemkot Bandung akan terus berupaya membantu memfasilitasi para pelaku UMKM untuk bisa mendapat bantuan.

“Tahun 2021 ini kami juga mengusulkan 120 ribu pelaku usaha untuk mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1,2 juta dan bantuan dana hibah usaha sebesar Rp3-15 juta,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Yana pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Tokopedia atas langkahnya dalam membantu pelaku umkm khususnya di Kota Bandung dalam mempromosikan produknya.

“Terima kasih kepada Tokopedia yang terus membantu memasarkan produk temen umkm kota bandung. Semoga kerja sama kita bisa terus berlanjut dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Senior Lead of Public Policy and Government Relations Tokopedia, Emmiryzan mengaku akan terus berkolaborasi memberikan dukungan kepada Pemkot Bandung memulihankan ekonomi. Salah satunya dengan mengampanyekan program Tokopedia Nyam.

Emmiryzan menjelaskan, latar belakang kehadiran Tokopedia Nyam ini karenakan adanya kenaikan jumlah penjual makanan dan minuman pada Tokopedia Kota Bandung. Kenaikannya mencapai sekitar 60 persen diawal kuartal 2 tahun 2021.

“Tokopedia Nyam adalah bentuk kolaborasi kami untuk mendorong pelaku UMKM sebagai lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi nasional juga khususnya di Kota Bandung,” katanya.

“Di momen peringatan Hari Jadi Kota Bandung, Tokopedia akan terus memberikan panggung seluas luasnya kepada pegiat usaha lokal di Kota Bandung khususnya industri makan minuman untuk dapat beradaptasi ditengah pandemi,” tuturnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Sepekan Berjalannya PTM 100 Persen di Kota Bandung, Nadiem Makarim Kunjungi SMPN 2: Menarik

17 Januari 2022 - 19:02 WIB

Presiden Jokowi Serahkan BLT pada Sejumlah Pedagang di Pasar Sederhana Bandung

17 Januari 2022 - 18:55 WIB

Sepuluh Ribu Liter Minyak Goreng Terjual Saat Operasi Pasar Murah di Bandung

17 Januari 2022 - 18:50 WIB

Antusiasme Warga Bandung Saat Menyambut Kedatangan Jokowi

17 Januari 2022 - 18:46 WIB

Kunjungi Kota Bandung, Jokowi ‘Bagi-bagi Uang’ untuk Para Pedagang

17 Januari 2022 - 15:59 WIB

jokowi kunjungi bandung

Bus Trans Metro Pasundan Kembali Beroperasi, Ini Rute Terbarunya!

17 Januari 2022 - 15:47 WIB

Teman Bus
Trending di Regional