Pemkot Bandung Dukung Penuh Rehabilitasi IPAL Bojongsoang

oleh
Pemkot-Bandung-Dukung-Penuh-Rehabilitasi-IPAL-Bojongsoang

Bewarajabar | Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung penuh rehabilitasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang.

Rehabilitasi IPAL Bojongsoang merupakan proyek Integrated Citarum Wastewater Management bagian dari Green Infrastructure Initiative (GII) atau Prakarsa Infrastruktur Hijau kerja sama antara pemerintah Indonesia-Jerman.

Proyek ini merupakan bagian dari program Citarum Harum dari salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kami Pemkot terima kasih terhadap program ini, projek ini Bandung memiliki kepentingan dan mendapat nilai kemanfaatan, ini sudah tertuang dalam RPJMD 2019 2023,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna saat menghadiri Rapat Koordinasi dari Kemenko Marves Pembahasan kegiatan GII, Kamis 16 Juni 2022.

Ema mengatakan, rehabilitasi IPAL Bojongsoang dapat meningkatkan produksi air bersih di Kota Bandung. Saat ini menurut Ema, Kota Bandung belum memiliki sumber air baku.

“Di satu sisi Bandung tidak memiliki sumber air baku. Bandung air bakunya dari KBB dan kab Bandung. Idealnya sumber air baku ini ada,” ujarnya.

Ema berharap, IPAL Bojongsoang mengakomodir kebutuhan air bersih di Kota Bandung dan daerah sekitarnya.

“Apabila air limbah domestik dapat diolah bisa dipakai minum dan mandi hal ini akan mereduksi program Citarum harum,” kata Ema.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam pada Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Mochamad Saleh Nugrahadi mengatakan program Rehabilitasi merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Menko Maritim dan Investasi ke IPAL Bojongsoang tahun lalu.