Sesuai Perpres Terbaru, Premium dan Pertalite Tetap Dijual di Seluruh Indonesia

oleh
Sesuai Perpres Terbaru, Premium dan Pertalite Tetap Dijual di Seluruh Indonesia

Bewarajabar.com – Kebijakan Pemerintah dalam rencana menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan pertalite mulai 2022 menjadi perhatian publik dalam kebijakan tersebut.

Pemerintah dengan adanya Rencana kebijakan tersebut untuk mengurangi emisi karbon di Indonesia dengan menggunakan bahan bakar yang memiliki RON 91.

Rencana tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) No. Itu termasuk dalam Ordonansi Baku Mutu Emisi P20 / Menlhk / Setjen / Kum1 / 3/2017 dan direkomendasikan untuk penjualan BBM dengan research octane number (RON) 91.

Dilansir kompas.com, meski demikian, Nicke Widyawati sebagai  Direktur  PT Pertamina (Persero), menegaskan sejauh ini belum ada kebijakan untuk menghilangkan BBM jenis pertamina.

“Tidak ada kebijakan hari ini yang untuk menghapuskan pertalite, itu tidak ada. Jadi ini kembali lagi kita ingin lebih ke edukasi masyarakat, karna nanti kita akan merasakan sama-sama manfaat dari program langit biru ini,” kata Nicke di Istana Wapres seperti dikutip dari Kanal Youtube Wakil Presiden RI yang diunggah, Selasa (28/12/2021).

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 31 Desember 2021, terdapat poin penegasan bahwa BBM jenis Premium dengan Research Octane Number (RON) 88 masih dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Pada Pasal 3 ayat 2 yang mengalami perubahan. Awalnya, sebelum diubah, pemerintah menetapkan bahan Premium dapat didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali.