Grand Opening Pasar Seni FPK Kota Batam Culture Of Indonesia

0

Batam, Bewarajabar.com — Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Batam merupakan Organisasi Kemasyarakatan yang dibentuk berdasarkan Permendagri nomor 34 Tahun 2006. Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu salah satu semangat Pembauran Kebangsaan yang didorong oleh Walikota Batam selaku Ketua Umum FPK Kota Batam adalah membentuk satu wadah Pasar Seni Budaya di Kota Batam. Pasar Seni ini merupakan cerminan Kultur Suku, Adat & Budaya dari berbagai daerah di Indonesia dan sudah Soft Opening Minggu 15 Desember 2019 yang lalu di Khazanah Plaza- Dermaga Sukajadi Kota Batam.

Sesuai MoU FPK Kota Batam dengan Manajemen Khazanah Plaza, Pasar Seni ini di buka secara Permanen untuk menjadi Destinasi Wisata dalam hal mempromosikan Seni Budaya Nusantara kepada turis asing, lokal maupun masyarakat kota Batam yang dikenal sangat heterogen, karena berasal dari hampir seluruh wilayah/daerah yang ada di Indonesia.

Pasar ini tidak hanya untuk menjual berbagai souvenir saja, tapi bisa juga untuk menjadi Pusat Informasi Paguyuban untuk mempromosikan Seni Budaya, Pariwisata dan peluang investasi masing-masing daerah.

Grand opening pasar seni FPK Kota Batam akan dilaksanakan pada sabtu 15 pebruari 2020 mendatang yang dikemas dengan berbagai acara lomba Seni-Budaya nusantara. Kegiatan ini juga akan menampilkan hiburan Pentas seni dan pemilihan stand pasar seni Terbaik periode 2020.

Kegiatan grand opening direncanakan akan dibuka oleh walikota batam yang juga sekaligus sebagai ketua umum forum pembauran Kebangsaaan (FPK) Kota Batam serta Mengundang perwakilan pemerintah masing-masing Daerah peserta pasar seni.

Pada saat acara grand opening, setiap peserta Pasar seni diberikan kesempatan untuk Menampilkan kesenian daerahnya masing-masing. (adv/red)


SOFT OPENING
Pasar Seni FPK Kota Batam sudah Soft Opening pada hari Minggu, 15 Desember 2019 dengan peserta sebagai berikut :
1. DKI JAKARTA (BETAWI CENTER)
2. JAWA BARAT (PW PASUNDAN)
3. BANTEN (PUNWTEN) 2 STAND
4. JAWA TIMUR 1 (PW PACITAN)
5. JAWA TIMUR 2 (PW MADIUN)
6. MALUKU UTARA
7. SULAWESI UTARA
8. KEPRI & BATAM
9. RIAU
10. ACEH (PERMASA/ACEH GALERI)
11. BALI
12. SUMATERA BARAT
13. SUMATERA UTARA (OS)
14. SULAWESI SELATAN (OS)

Tinggalkan Balasan