Abdel Achrian Akui Berhenti ‘Nyabu’ Berkat Mamah Dedeh dan Ibu-ibu Pengajian

oleh
Abdel Achrian dan Mamah Dedeh. (Instagram/abdelachrian)

Bewarajabar.com – Komedian sekaligus presenter Abdel Achrian membuat pengakuan soal pengalamannya yang sempat terjun di dunia narkoba.

Ia mengaku pernah kecanduan mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu. Saking candunya, Abdel bahkan mengaku rutin ‘nyabu’ hingga mengkomsumsi sebanyak 3 gram per harinya.

Namun, ia pun akhirnya sadar bahwa apa yang dilakukannya itu merupakan hal salah. Terlebih, saat itu juga ia sedang bekerja sebagai presenter bersama Mamah Dedeh dalam acara ‘Curhat Dong Mah’.

Menjadi presenter dalam acara tersebut membuat Abdel semakin sadar akan hal buruk yang ia lakukan.

Ia pun mengaku semakin sadar setelah mendengar berbagai curhatan masalah dari ibu-ibu pengajian di acara tersebut.

“Jadi kan setiap hari waktu itu gue selalu ngisi acara sama Mamah Dedeh itu, nah di situ gue dengerin curhatan ibu-ibu pengajian. Dan dari situ gue merasa kok ya masalah gue tuh nggak ada apa-apanya dibandingkan masalah ibu-ibu pengajian itu,” tutur Abdel dikutip dari kanal YouTube Vindes, Senin, 10 Januari 2022.

Atas segala curhatan itu, Abdel pun sadar bahwa ujian yang dialaminya masih ringan dibanding dengan masalah-masalah yang dialami ibu-ibu tersebut.

Tak hanya itu, Abdel juga mengaku bahwa Mamah Dedeh juga sangat berperan penting dalam upayanya untuk berhenti mengkonsumsi obat terlarang tersebut.

“Jadi kan masalah mereka beda-beda setiap orang dan setiap hari, gue merasa benar-benar disadarkan dengan itu. Dan (Mamah Dedeh) juga berperan penting,” kata Abdel.

Tak hanya itu, Abdel juga mengaku sempat diberi saran untuk berperilaku baik di luar acaranya dengan Mamah Dedeh.

Hal itu, Mamah Dedeh sampaikan lantaran Abdel bekerja dengannya dalam suatu acara religi.

Maka dari itu, Abdel diminta untuk mencerminkan perilaku terpuji sesuai dengan acara yang dibawakannya.

“Misalnya gini, ‘Del, lo cari sinetron yang jangan kayak gitu lah’, kan waktu itu masih ada cewek-cewek seksi,” papar Abdel menirukan ucapan Mamah Dedeh.

“Dia bilang apa yang gue lakukan itu mencerminkan acara yang sedang gue bawakan. ‘Lo kan bawain acara gini (religi), perlakuan lo harus mencerminkan acara ini’,” lanjut Abdel.

Atas semua itu, Abdel pun akhirnya tersadar dengan perbuatan buruknya selama ini dan mengakui bahwa ucapan Mamah Dedeh memang benar.

“Lama-lama benar juga ya, dengan sendirinya gue ngebatesin,” ujar Abdel.

“Saat itu masih ada (konsumsi) sabu-sabunya lah. Makanya Mamah Dedeh gedeg banget sama gue dia bilang, ‘gue ditemenin sama orang kayak gini’,” tambah Abdel.

Abdel pun mengatakan bahwa saat itu ada kemungkinan bahwa Mamah Dedeh tahu jika dirinya merupakan pecandu narkoba. Namun, menurutnya, Mamah Dedeh tak pernah blak-blakan mengingatkan dirinya soal tersebut.

“Kayaknya dia juga nggak pernah bilang, tapi gue tahu dari bahasanya kalau dia tahu gue melakukan itu,” ungkap Abdel.

Pada akhirnya, Abdel pun berhasil meninggalkan masa-masa kelam di dunia obat terlarang tersebut. Sejak saat itu, ia benar-benar berhenti mengkonsumsi narkoba.