Aksi Peduli Edan Sepur Terhadap Keselamatan Berkendara di Kota Bandung

oleh

Bandung, BewaraJabar — Kepedulian akan keselamatan berkendara merupakan hal penting. Terkait hal ini, ada satu komunitas kece bernama Edan Sepur. Yuk, berkenalan dengan mereka!

Jadi, Edan Sepur adalah komunitas pecinta kereta api yang telah eksis sejak 2009. Komunitas ini beranggotakan sekitar 180 orang dengan rata-rata usia 15 hingga 25 tahun.

Awalnya, aktivitas komunitas ini bergerak di lingkung kereta api saja. Namun sejak 2014, mereka rutin menggelar aksi keren bertajuk Disiplin Perlintasan.

Kegiatan ini rutin digelar seminggu sekali. Khusus di Kota Bandung, kegiatan Disiplin Perlintasan dilaksanakan di lima perlintasan kereta sebidang se-Kota Bandung: Cimindi, perlintasan Andir (Jalan Garuda) , Cikudapateuh (Jalan Ahmad Yani), Jalan Laswi dan Kiaracondong.

Humas Kota Bandung punya kesempatan mengikuti Disiplin Perlintasan yang dilaksanakan di perlintasan sebidang Jalan Laswi. Humas Wilayah 2 Bandung di Komunitas Edan Sepur, Abdullah Putra Gandhara alias Aga menjelaskan, indikator lokasi Disiplin Perlintasan dilihat dari tingginya potensi pelanggaran.

“Selain itu, aduan masyarakat di media sosial juga menjadi indikator. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian buat masyarakat,” ujar Aga.

Sekitar 25 relawan turun ke jalan tiap kegiatan ini dilakukan. Mereka membagi formasi menjadi dua jalur. Tugas-tugasnya pun dibagi.