Ini Dia Cara Belanja Aman untuk Kebutuhan Lebaran dan Mudik

oleh
Doc foto GridHealth _ Belanja Aman untuk Kebutuhan Lebaran dan Mudik
Doc foto GridHealth _ Belanja Aman untuk Kebutuhan Lebaran dan Mudik

Bewarajabar | Bandung – Setelah dua tahun absen mudik, akhirnya tahun ini ada lampu hijau dari pemerintah untuk memperbolehkan kita pulang kampung. Rasanya sudah tak sabar bersua dengan kerabat di kampung halaman.

Beberapa dari kita bahkan sudah membuat daftar oleh-oleh apa yang akan dibawa nantinya. Atau sudah siap-siap untuk belanja kebutuhan Lebaran nanti

Agar tetap aman saat berbelanja di masa pandemi Covid-19, ada beberapa tip dari laman resmi covid19.go.id yang bisa kita praktikkan.

1. Buat Daftar Belanja

Selain agar tidak kalap belanja, dengan daftar belanja membuat pergerakan kita menjadi lebih efektif. Anda bisa membuat daftar dengan mengelompokkan bahan makan dan nonmakanan, sehingga tak perlu bolak-balik etalase.

Bahkan, jika Anda sudah hafal tata letak etalase, daftar belanja bisa dibuat dari bahan yang paling dekat dengan pintu masuk sampai ke belanjaan terakhir sebelum kasir.

2. Gunakan Masker

Meski saat ini Kota Bandung telah memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, penggunaan masker harus selalu kita terapkan.

Masker medis lebih direkomendasikan untuk kita gunakan dibanding masker kain. Sebab, masker medis mampu melindungi droplet sampai 90 persen. Namun, untuk lebih protektif, kita bisa dobel dengan menggunakan masker kain di luarnya.

3. Jaga Jarak

Jaga jarak juga penting untuk kita lakukan, terlebih saat berbelanja di toko atau pasar yang notabenenya ramai. Minimal jarak kita dengan pengunjung lain sejauh 1 meter.

4. Cuci Tangan dan Gunakan Hand Sanitizer

Sebelum berangkat, pastikan sudah mencuci tangan selama 20 detik dengan benar menggunakan sabun.