Menu

Mode Gelap
Kasus ‘Lingkaran Setan’ di SMAN 1 Ciamis Mengakibatkan 18 Korban, Begini Kata Kadisdik Jabar Sebanyak 18 Siswa Menjadi Korban ‘Lingkaran Setan’ di SMAN 1 Ciamis Cek Selengkapnya Ramalan Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Sabtu 15 Januari 2022 How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It

Regional · 6 Okt 2020 14:13 WIB

ini Pesan Wagub Jabar untuk APPSI agar Pasar Tradisional Tetap Berdaulat


 ini Pesan Wagub Jabar untuk APPSI agar Pasar Tradisional Tetap Berdaulat Perbesar

Kab. Garut, bewarajabar.com — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Jabar di Hotel Augusta, Cipanas, Kabupaten Garut, Sabtu (3/10/20).

Rakerwil kali ini digelar untuk merumuskan langkah-langkah dalam program kerja APPSI Jabar lima tahun ke depan.

Dalam sambutannya, Kang Uu pun berharap para pedagang pasar bisa mengubah paradigma agar pasar tradisional terus bertahan di tengah disrupsi.

“Yang biasa identik dengan becek dan bau itu harus dihilangkan oleh pedagang pasar itu sendiri,” kata Kang Uu.

Selain itu, pedagang pasar juga harus menjalin komunikasi dengan pemerintah agar kebijakan yang ada bermaslahat bagi masyarakat. “Dengan kolaborasi, pemerintah bisa paham apa yang diinginkan (pedagang pasar),” tambah Kang Uu.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tetal berbelanja di pasar tradisional atau warung kecil di lingkungannya untuk menguatkan ekonomi kerakyatan sehingga perputaran uang di masyarakat terus terjadi.

Adapun di tengah pandemi global COVID-19, Kang Uu menegaskan bahwa hal itu bukan halangan bagi pedagang pasar untuk tetap berjualan. Asalkan, para pedagang taat menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan sampai (pandemi) COVID-19 jadi alasan untuk tidak meningkatkan produktivitas. Silahkan pedagang berusaha, tetapi tetap dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPW APPSI Jabar Nandang Sudrajat mengatakan, target APPSI Jabar dalam lima tahun ke depan yakni meningkatkan nilai transaksi di pasar tradisional.

Meski begitu, ia tak memungkiri ada sejumlah persoalan yang harus dikendalikan.

“(Masalah) paling mendasar adalah permodalan, infrastruktur tidak memadai, menajemen lemah, dan SDM lemah. Harus betul-betul dirumuskan bagaimana pedagang pasar bisa berdaya saing tinggi,” kata Nandang.

Ia pun mengajak masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional atau warung-warung kecil agar ketahanan ekonomi lokal tetap terjaga sehingga perekonomian bisa meningkat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Berikut Persyaratan Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini, Senin 17 Januari 2022

17 Januari 2022 - 06:37 WIB

sim keliling

Cek Selengkapnya Ramalan Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Senin 17 Januari 2022

17 Januari 2022 - 06:35 WIB

Cek Selengkapnya Ramalan Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Sabtu 15 Januari 2022

15 Januari 2022 - 06:44 WIB

cuaca bandung

Pemkot Bandung Tingkatkan Vaksinasi pada Anak, Sebanyak 3000 Dosis Vaksin Disuntikkan di Sekolah Bintang Mulia

14 Januari 2022 - 20:14 WIB

Yana: Usai PTM, Langsung Pulang ke Rumah Masing-masing

14 Januari 2022 - 20:07 WIB

Ramai Aksi Vandalisme di Kota Bandung, Yana: Laporkan Jika Ada

14 Januari 2022 - 20:00 WIB

Trending di Berita Terkini