Kalahkan Singapura, Timnas Indonesia Melaju ke Babak Final Piala AFF

oleh
Selebrasi Timnas Indonesia setelah kalahkan Timnas Singapura. (instagram.com/PSSI)

Bewarajabar.com – Timnas Indonesia resmi melaju ke babak final piala AFF 2021 (2020) usai mengalahkan Singapura dengan capaian skor 4-2 dalam pertandingan leg kedua yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu, 25 Desember 2021.

Diketahui, pertandingan leg kedua antara Indonesia dengan Singapura pada semifinal piala AFF berakhir imbang dengan skor 2-2 dan berlanjut ke babak tambahan selama 90 menit.

Dalam babak tambahan tersebut, Singapura harus kehilangan dua orang yakni Irfan Fandi dan Safuwan Baharudin dan bermain dengan 9 pemain, lantaran keduanya terkena kartu merah di babak pertama dan babak kedua.

Melalui pertandingan semifinal tersebut, skuad Garuda unggul terlebih dahulu usai Ezra Walian mencetak satu skor pada menit ke-11 dan disamakan kedudukannya oleh pemain Singapura Song Uiyoung di menit 45.

Kemudian di menit 75, Singapura unggul melalui tendangan gol dari Shahdan Sulaiman. Namun, kemenangan yang diraih Singapura ini sirna usai Pratama Arhan menyamakan skor di menit 87.

Di menit ke-90, Singapura tentunya bisa mencetak gol melalui kesempatan penalti. Namun, penalti yang dilakukan oleh Fariz Ramli gagal setelah ditepis kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata. Titik inilah yang membuat pertandingan imbang menjadi 2-2 dan berlanjut ke babak tambahan.

Pada awal babak tambahan, Indonesia langsung melakukan penekanan melalui lepasan umpan datar dari Eggy Maulana Fikri ke arah Irfan Jaya, dan ditepis kiper Singapura Hassan Sunny.

Bola liar yang kemudian ingin dibuang oleh Shawal Anuar justru masuk ke gawang sendiri hingga menyebabkan gol bunuh diri dan membuat Timnas Indonesia unggul menjadi 3-2.

Setelahnya, kiper Hassan Sunny berbagai penyelamatan gemilang, seperti memblok tendangan Evan Dimas di menit ke-97. Kemudian ia juga menepis tendangan Irfan Jaya dan Pratama Arhan guna menyelamatkan gawang Singapura dari kebobolan banyak gol.

Namun, permainan Hassan Sunny yang sangat apik berujung blunder saat dirinya menangkap bola dari sepak pojok yang dilakukan Evan Dimas. Bola liar yang diterima Egy Maulana Fikri itupun berubah menjadi skor baru.

Di menit ke 112, Irfan Jaya berupaya untuk mencetak gol namun lagi-lagi berhasil ditepis oleh Hassan Sunny. Sayangnya, di menit-menit akhir, aksi dari Hassan Sunny ternodai setelah dirinya menjegal Irfan Jaya di luar kotak penalti dan membuatnya keluar dari pertandingan.

Striker Ikhsan Fandi pun berganti posisi menjadi kiper menggantikan Hassan Sunny dalam pertandingan tersebut. Tak ada gol yang diciptakan hingga akhir laga, sehingga Timnas Indonesia menang secara dramatis dengan skor 4-2 atas Singapura.

Editor: Rian Andrian

Sumber: cnnindonesia.com