Laga Timnas INA – Singapura Penuh Drama, Shin Tae-yong: Seperti Neraka dan Surga

oleh
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (PSSI)

Bewarajabar.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong buka suara usai anak asuhnya bertanding melawan Timnas Singapura, Sabtu, 25 Desember 2021. Skuad Garuda akhirnya dapat memenangkan pertandingan setelah melalui banyak drama.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru bisa memastikan kemenangannya di masa tambahan waktu 2×15 menit (extra time).

Pada awal pertandingan, Indonesia memang unggul lebih dulu dari Singapura lewat gol Ezra Walian pada menit ke 11. Ezra berhasil mencetak gol usai mendapat umpan apik dari Witan Sulaiman.

Pertandingan terus berlanjut hingga akhirnya Singapura harus kehilangan pemainnya, Safuwan Baharudin karena mendapat kartu kuning untuk kedua kalinya. Kondisi tersebut tak menyurutkan semangat Tim Singapura. Mereka terus melancarkan serangan hingga membuahkan gol yang dicetak Song Ui-yong di menit akhir babak pertama.

Hingga turun minum, Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang. Pada babak kedua, kedua tim terus melakukan jual beli serangan. Tensi permainan yang begitu tinggi membuat pemain di kedua tim banyak melakukan pelanggaran. Di menit ke-67, Timnas Singapura kembali menerima sanksi kartu merah atas pelanggaran yang dilakukan Fandi Irfan.

Kendati kalah jumlah pemain, semangat tim Singapura tak surut dengan terus memberi serangan terhadap Indonesia. Pada akhirnya, Singapura pun bisa mengungguli permainan dengan skor 2-1 yang dicetak Shahdan Sulaiman di menit 74.

Keadaan tersebut tentu membuat pemain Indonesia panik. Mereka terus bersusah payah melancarkan serangan ke gawang Singapura. Pada menit ke-87, Timnas Indonesia pun dapat menyamakan kedudukan lewat gol Arhan Pratama.

Selang babak kedua berakhir, Timnas Singapura juga sempat mendapat kesempatan emas lewat tendangan titik putih. Beruntung, Nadeo Argawinata dapat menyelamatkan gawangnya dengan baik.

Skor bertahan imbang hinga pertandingan babak kedua usai. Laga panas itupun berlanjut dengan babak tambahan 2×15 menit (extra time).

Di babak tambahan pertama, Indonesia berhasil unggul lewat gol bunuh diri tim Singapura oleh Shahwal Yanuar yang gagal menyapu bola di depan gawang.

Pada babak tambahan kedua, Egy Maulana Vikri berhasil mencetak gol dan memastikan kemenangan 4-2 di leg kedua laga Indonesia – Singapura.

Pada menit-menit terakhir, Indonesia terus melancarkan serangan hingga membuat Singapura kesulitan. Kiper Singapura, Hassan Sunny pun sangat bekerja keras menjaga gawangnya.

Pada satu kesempatan, ia pun harus keluar dari sarangnya untuk menahan serangan dari Irfan Jaya. Namun, upayanya tak mendapat hasil yang baik, ia malah melakukan pelanggaran dan diganjar kartu merah oleh wasit.

Pertandingan tersebut membuat Shin Tae-yong merasa tegang. Bahkan, ia pun menyebut bahwa pertandingan melawan Singapura bak pintu menuju surga dan neraka.

Ia pun mengulas apa yang menjadi kelemahan anak asuhnya. Shin mengaku akan membina Timnas Indonesia agar lebih baik untuk kedepannya.

“Karena (Timnas Indonesia) tidak fokus untuk set-piece jadi sampai bisa dikatakan pertandingan ini seperti neraka dan ke surga,” kata Shin Tae-yong usai pertandingan tersebut.

“Bagian (antisipasi set-piece) itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda, kontrol pertandingan sedikit berkurang. Jadi untuk ke depannya harus lebih menunjukkan lagi perkembangan,” ucapnya.

Sumber: vidio.com