Kenali Apa Itu CTM: Kegunaan, Aturan Pakai, dan Efek Samping

oleh
Ilustrasi/Sumber gambar/Freepik

Bewarajabar.com – CTM atau chlorpheniramine maleate adalah obat golongan antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi yang dipicu  karena obat-obatan, makanan, gigitan serangga, debu, bulu binatang, dan serbuk sari.

Gejala-gejala yang dapat diredakan dengan CTM adalah hidung tersumbat, batuk, flu, mata berair, serta gatal pada tenggorokan, kulit, hidung, dan mata.

Sistem kerja CTM adalah dengan menghambat kerja histamin (memblokir zat alami tertentu yang ada di dalam tubuh), yakni senyawa yang dapat menyebabkan munculnya gejala alergi ketika seseorang terpapar zat atau pemicu alergi.

Obat CTM belum terbukti aman dan efektif bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 1 tahun.

Maka perlu diperhatikan mengenai penggunaan CTM untuk mengatasi gejala alergi pada anak-anak di bawah 1 tahun, kecuali atas petunjuk dokter.

Tanya dokter sekarang untuk informasi lebih lanjut terkait pemberian obat ini pada anak-anak.

Kegunaan CTM

Chlorpheniramine meleate atau CTM berguna membantu meredakan gejala alergi yang dipicu  karena obat-obatan, makanan, gigitan serangga, debu, bulu binatang, dan serbuk sari.

Meskipun hanya sebatas meredakan gejala, obat ini termasuk golongan obat keras, sehingga Anda perlu bijak dalam penggunaanya sesuai dosis yang tepat.

Dosis dan Aturan Pakai CTM

CTM memiliki sediaan bentuk tablet, kaplet, sirup, dan kapsul. Selama pemakaiannya, Anda tidak diperbolehkan menambah atau mengurangi dosis sembarangan.