Pemkot Bandung Minta Para Pengusaha Kelas Kakap Bantu UMKM

oleh

Bewarajabar | Bandung – Pemerintah Kota Bandung berharap seluruh stakeholder membantu pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 ini. Pasalnya, Pemkot Bandung tidak mungkin dapat mendongkrak ekonomi warga tanpa dukungan dari seluruh pihak.

Salah satu pihak yang perlu mendukung yaitu Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Bandung yang beranggotakan para pengusaha di bidang perekonomian.

“Peran Kadin yang sangat strategis untuk mengembangkan UMKM. Tentu dalam rangka akselerasi pemulihan. Karena bagaimanapun ekonomi merupakan tulang punggung bagi kesejahteraan masyarakat kota,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

Ema mengungkapkan itu saat hadir pada acara pelantikan pengurus Kadin Kota Bandung periode 2021-2026 di Trans Convention Centre, Jumat, 25 Maret 2022.

Menurut Ema, di awal pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung sempat terkontraksi hingga -2,28 persen. Namun kemudian bangkit menjadi 3,79 persen.

“Mudah mudahan di tahun depan akan lebih baik lagi,” ucap Ema.

Ia menjelaskan, upaya ini tidak dapat dilakukan oleh Pemkot Bandung semata, sehingga butuh dukungan para pelaku usaha, khususnya Kadin yang memiliki peran sentral dalam membangun kehidupan ekonomi Kota Bandung.

Oleh karenanya, Ema berharap, Kadin Kota Bandung bisa menjadi mitra strategi dalam upaya penanganan pemulihan ekonomi.

“Pemkot Bandung akan lebih optimal bersinergi dengan Kadin dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi, bagaimanapun juga Bandung memiliki sejarah, yang dari dulu selalu ada di level tinggi baik level Nasional atau Provinsi,” tutur Ema.