Taman Malabar Salah Satu Barometer Wisata Kuliner Halal Kota Bandung

oleh
Taman Malabar Salah Satu Barometer Wisata Kuliner Halal Kota Bandung

Bewarajabar | Bandung – Proses Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) halal di Kota Bandung makin digencarkan.

Salah satu lokasi yang menjadi titik fokus wisata kuliner halal kali ini ada di Food Street Valkenet Taman Malabar.

Sebanyak 18 lapak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyajikan santapan dari Senin-Sabtu, mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Para UMKM di sini merupakan pedagang kali lima (PKL) binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Melihat potensi ini, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku akan terus membantu para pedagang di sini untuk merampungkan proses sertifikasi halal.

“Sertifikasi halal itu banyak aspeknya. Mulai dari pra sampai pengemasannya. Semuanya akan kita bantu proses. Uji mutu juga selalu kita dampingi dan bantu,” ungkap Yana saat ditemui selepas acara ‘Santai Ngabuburit di Malabar (Sabar)’, Rabu 20 April 2022.

Ia berharap, dengan pembenahan dan pendampingan yang selama ini dilakukan, para UMKM Taman Malabar bisa menjadi barometer percepatan ekonomi Kota Bandung.

Terlebih, setelah dua tahun pandemi melanda Kota Bandung, tentu sangat besar dampaknya pada sosial ekonomi masyarakat.

“Sebab teman-teman UMKM ini jika dibandingkan dengan usaha lain, termasuk yang paling tahan krisis di saat pandemi, apalagi UMKM kuliner. Karena kuliner di Bandung itu cuma ada dua: enak dan enak sekali,” ujarnya.

Serupa dengan Yana, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung,