Ditawari Tim China dengan Bayaran Jauh Lebih Mahal, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Pilih Indonesia

oleh
Ditawari Tim China dengan Bayaran Jauh Lebih Mahal, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Pilih Indonesia
Shin Tae-yong saat hadir di podcast Deddy Corbuzier. (YouTube/Deddycorbuzier)

Bewarajabar.com – Sosok pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menjadi tersohor usai berhasil mengantarkan skuad Garuda ke babak final Piala AFF Suzuki Cup 2020. Atas upaya itu, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang memuji kemampuannya.

Shin merupakan salah satu pelatih senior yang berasal dari Korea Selatan. Ia memiliki banyak pengalaman dengan menjadi pelatih Tim Nasional ataupun klub sepakbola di negeri Ginseng, Korea Selatan.

Beberapa waktu lalu, Coach Shin hadir di Podcast ‘Close The Door’ milik Deddy Corbuzier. Pada momen itu, Coach Shin memperbincangkan berbagai hal, mulai dari topik olahraga hingga menyampaikan pendapat dan kesannya tinggal di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Deddy Corbuzier pun penasaran terhadap Coach Shin karena mau menjadi pelatih Timnas Indonesia. Shin pun menjawab bahwa salah satu alasannya memilih Indonesia karena ia melihat adanya potensi Sepakbola Indonesia bisa lebih baik.

“Jadi Coach Shin sudah berpengalaman di berbagai macam turnamen seperti Piala Dunia u-20 di Korea dan Olympic juga dan Piala Dunia Rusia juga,” ujar Jeong Seok-seo menterjemahkan obrolan Shin Tae-yong dikutip dari YouTube Deddy Corbuzier, Kamis, 13 Januari 2022.

“Jadi setelah (semua pengalaman) itu juga memang dapat-dapat penawaran dari Indonesia dan sebelum itu juga udah dapat penawaran dari Cina (Tiongkok) tapi lebih tertarik sama Indonesia dan melihat ada potensi di pemain-pemain Indonesia jadi akhirnya memilih Indonesia,” lanjut Jeong Seok.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong pun mengaku bahwa bayaran menjadi pelatih di Tiongkok jauh lebih besar dibanding Indonesia. Namun, Shin Tae-yong pun mengaku memilih Indonesia karena melihat ada potensi yang mampu diasah sehingga Sepakbola Indonesia bisa lebih baik dan maju di masa mendatang.

“Sebenarnya kalau lihat uang aja lebih tertarik ke Cina lebih gede tapi kalau lihat masa depan Indonesia lebih kelihatan harapannya,” ujar Shin Tae-yong.